search engine dengan cara berbayar Pratik pemasaran onane tersebut suntik dengan lah Pay Per advertising atau PPC averting (kan PPC) Penasaran one menggunakan iklan PPC membutuhkan kaylan dalam arsalas kata kunci, peme teks iklan, pengaturan biaya anggaran dan harga per kik (Com Per Click atau CPC) Bagaimana melakukan PPC dengan menggunakan Google AdWords? Selengkapnya pelajarlah dalam bab ini dengan tak

A. Memahami Pay Per Click

1. Pengertian Pay Per Click (PPC)

Par per Chick atau biaya per sta dalam bahasa Indonesia merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet dimana pemasang dan akan dikenai biaya ketika pengguna internet neng-klik klan yang ditampilkan pada halaman web Cara beridan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencan seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkah pada web media sosial seperti facebook Salain du sistem buaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belaja seperti Nexzag dan Shopping.com

Pay Per Click (PPC) adalah sistem parklanan internet yang dimaksudkan untuk mengarahkan talu lintas online untuk situs wet tertenta di mana pengiklan membayar penerbit harga tertentu ketika aklan yang di Internet yang menyediakan platform yang besar untuk iklan produk dan layanan online 2. Keuntungan Man PPC

PPC memberikan hasil yang cepat berbeda dengan hasil SEO yang sama pentingnya tapi mungkin waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mewujudkan A Quick Actions PPC memberkan lalu Antas besar, hasil yang cepat dan lebih banyak type branding dalam rentang waktu singkat

b. Negligible Inimestelt Search Engine tidak mengenakan biaya untuk menyisipkan iklan PPC atau untuk membuat account. Pengguna membayar hanya ketika seseorang benar-benar mengik dan

Business Gets Noticed Globally biems bisa mendapatkan pengakuan global, bankan jika tu ulah set up lokal yang keel d Instant Results dibandingkan dengan metode SEO, iklan PPC dapat memberikan jawaban

yang lebih cepat, jika kualitas iklan yang diposting 3. Situs Penyedia Jasa Iklan PCC

Ada banyak perusahaan yang menawarkan dan PPC dengan bayaran termahal, termasuk mesin pencan utama seperti Google. Yahool dan lain-lain yang menawarkan aplikasi penyajian PPC terbaik untuk webmaster dan penerbit a Google AdSense

Google AdSense adalah salah satu jaringan dan PPC terbaik untuk penerbit Tidak diragukan lagi setiap webmaster ingin mendapatkan melalui AdSense karena banyak alasan. sppert populantas, kualitas dan tarf yang tinggi Bahkan Google AdSense adalah produk Google Ing yang meningkatkan singkat kepercayaan. AdSense menawarkan tarif BPK tertinggi dan menampilkan lebih banyak dan bertarget dan dan berbasis minat Itu berarti iklan relevan dengan konten yang membantu penayang mendapatkan lebih banyak pendapatan. Tant Adsense bervariasi berdasarkan iklan yang relevan dan tidak relevan. Tingkat BPK bervariasi antara kisaran $0.01-8 15 tergantung pada lokasi pengunjung dan niche blog

b Media Net

Media net adalah gabungan Yahoo dan Bing dan didukung oleh jaringan iklan Media. Net. Ini adalah salah satu alternatif AdSente terbaik hanya jika Anda memiliki lalu tintas premium yang tinggi Media net menjadi sangat populer bagi pengiklan dan penerbit dalam beberapa tahun dan membuat tempat terbaik dalam beriklan. Sayangnya jika Anda tidak mendapatkan persetujuan AdSense maka Anda menggunakan Media Net hanya jika Anda memiliki lalu intas premium joka tidak penghasilan akan menjadi lebih rendah.


Bidvertiser menyediakan iklan Pop up, banner dan berbagai jenis takni dan lainnya yang pada girannya membantu pengguna mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan hanya sedikit lalu lintas. Selain itu persetujuannya juga sangat mudah dan tanf BPK juga tinggi Anda juga dipermudah untuk mendapatkan keuntungan lain dari pembayaran minimum, yaitu 5 10 melalui PayPal d Infolinks

Infolinks adalah untuk jaringan gabungan berbasis Teks CPT dan jaringan gabungan CPM sebagai RPM. Jika blog Anda memilik konten berbasis taks gaka Infolinks adalah pilihan terbalik untuk mendapatkan pendapatan Infolinks sangat tergantung pada Niche blog dan iklan akan ditampilkan sesuai kata kunci Tapi bagian terbaik dari Infolinks adalah mereka tidak membutuhkan dan ruang untuk penempatan spanduk. Infolinks menyediakan berbagai format atan seperti iklan berbasis In-text, In-Cloud In-Frame, In-Search dan In-Screen Infolinks tidak membutuhkan ruang sehingga berani anda bisa menggunakannya akan jaringan iklan bonner lain seperti AdSense atau alternatif lain untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan sebuah blog eChitika

Chitika juga merupakan platform yang terkenal untuk iklan PPC berdasarkan basis iklan sasaran penelusuran, iklan lokal, dan idan seluler Iklan Chitika hanya ditampilkan untuk lalu lintas mesin pencari organik. Itu berarti Anda hanya akan mendapatkan penghasilan yang kami dapatkan melalui mesin pencari Chitika Menawarkan tarif BPK yang tinggi dibandingkan dengan yang lain namun sedikit rendah dibandingkan dengan AdSense Clicksor

Clicksor adalah platform pengikian dan penerbit terbaik dan populer Ini memiliki beberapa format iklan seperti iklan teks dan iklan banner kontekstual Clicksor juga membagi penerbit dalam dua kelompok berdasarkan basis total tayangan Clicksor adalah jaringan iklan BPK dan BPS Tawaran berbasis. Tawarannya menurunkan tingkat BPK dibandingkan dengan situs di atas Clicksor juga menawarkan Referral Program yang berarti Anda juga dapal memperoleh pendapatan 10% dari Publisher yang Anda referensikan dengan menggunakan Clicksor g Propeller Ads

Iklan yang dihasilkan situs ini sangat dioptimalkan untuk setiap situs individual dan karenanya distabilkan secara signifikan yang dapat membantu mempromosikan rasio klik pengguna. Dengan menggunakan iklan ini, Anda dapat menambahkan satu iklan klik, iklan video, dan lain-lain di situs Anda, dan Anda juga bisa memperoleh uang darinya dengan CPM, CPA, CPL, CPC. Jumlah pembayaran minimum untuk situs ini adalah $ 100 yang cukup besar, namun bisa diabaikan sementara, karena keuntungan juga cepat dan jumlah yang sangat besar dengan mudah h Super links

Anda bisa menempatkan iklan Anda dengan berbagai cara sehingga Anda bisa mendapat-

kan perhatian paling besar dari pengguna atau lalu lintas di Iklan Anda untuk mengklik ildan

Anda akan dapat memenangkan atau mendapatkan uang dari basis BPK dan BPS, dan Anda juga bisa melakukan PO uang dari akun Anda segera setelah mencapai tingkat $ 100 Affinity Ads Affinity Ads memberikan BPK iklan yang jauh lebih baik untuk iklan dan karenanya peng-

guna dapat mengharapkan hasil yang bagus dari sifus mereka. Minimum payout untuk yang

satu ini mungil karena Anda bisa mencairkan uang Anda saat mencapai level $ 650 dan Anda

juga bisa mencairkannya melalui PayPal 4. Prosedur Pembuatan Iklan PPC

Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik sebagai berikut.

a Membuat konten dan iklan yang akan ditawarkan.

b Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan

c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web,

d. Memilih kata kunci yang digunakan agar dan dapat ditampilkan e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik

Bisnis Online Kelas XO

7


Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik (platform PPC) sebagai berikut.

a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturanipedoman editorial) b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau kriteria yang lain. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang (Click Through Rate (CTR)), salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yangdituju dengan relevansi pencarian)

Jenis Iklan PPC pada AdWords atau yang lainnya biasanya berupa teks (ditampilkan berp teks pada iklan Search, Display dan Social Networks) URL (Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentuURL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuam, URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilár

5. Batasan Karakter Iklan Ketika Anda membuat sebuah iklan teks PPC, Anda akan dibatasi dalam penggunaan

Berikut adalah pedoman editonal dan Google AdWords.

a: Kepala (heading) maksimum 25 karakter

b. Line 1 maksimum 35 karakter Bans 2 maksimum 35 karakter

d URL Tampilan maksimum 35 karakter

e. Tidak ada tanda seru berulang. f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.

g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.

h Tidak ada klaim terbaik", "nomor satu atau superfatit dapat digunakan kecuali

oleh pihak ketiga.

karakter

dapat diverifikasi

LNomor produk dapat digunakan. Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena

itu menulis salinan ikdan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan ildan Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan coba sekarang mendaftar sekarang, beli sekarang Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat

6. Optimasi PPC

a. Memilih kata kunci yang tepat

Pengiklan dapat menetapkan kata kunci sebanyak yang mereka ingin untuk sebuah iklan tetapi hanya satu iklan untuk setiap URL yang akan ditampilkan. Jika dua pengiklan menawar untuk domain yang sama, hanya satu yang akan ditampilkan Iklan yang ditampilkan berdasarkan pada tawaran dan kualitas iklan. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut 1) Luas (broad)

Dengan cara ini, iklan Anda akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apapun, serta beberapa vanasi kata kunci (salah eja dan sinonim) Katakanlah Anda telah memilih kata kunci berikut

Kata kunci mobil cepat Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut mobil cepat, mobil sport cepat internet cepat motor cepat, masakan cepat saji, mobil 1500 cc, adu cepat

2) Frase (phrase)

Pencocokan frase, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci (frasematch) berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam

istilah pencarian.

Bisnis dan Manajemen/C3-Bisnis Daring dan 
Pemasaran


Contoh

Kata kunci mobil cepat

Iklan Anda dapat muncul untuk semus pencarian berikut mobil cepat, mobil cepat sport.

mobil cepat merah balap mobit cepat

Tetapi tidak untuk mobil sport cepat mobil sport cepat, sport mobil

3) Sama persis (exact)

Sama persis dilambangkan dengan tanda konung siku sama persis), berikan tersebut

hanya akan muncul untuk istilah percaran sama persis dengan kata kurios yang dipilih

Contoh

Kata kunci mobil cepat iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut mobil cepat

Tetapi tidak untuk mobil sport cepat, sport mobil, mobil cepat sport, mobil cepat merah Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata

4) Negatif (negative)

kunci (-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata

itu tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan

Conton

Kata kunci mobil cepat-sport

Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian berikut: mobil cepat

Tetapi tidak untuk mobil sport cepat, sport mobil, mobil cepat sport

b Bahasa dan lokasi dan

Saat berikan Anda dapat melakukan pemilihan lokasi geografis dan bahasa atau disebut geo- targeting, Penargetan ini bertujuan agar Anda tahu bahwa lalu lintas website yang Anda miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Anda hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia Maka Anda tidak perlu membayar atas lalu lintas yang tidak

dinginkan atau di luar area penargetan iklan Perilaku dan demografi

Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan iklan facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang (dermografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di facebook Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal seperti jenis kelamin,

lokasi, status hubungan dan kelompok umur. Anda juga dapat menargetkan berdasarkan

1) Suka dan kepentingan 2) Interaksi dengan merek/produk

Menambah ekstensi advert

Google Khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan

PPC. Ini disebut sebagai ekstensi iklan. Untuk pengiklan PPC, ekstensi ikdan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa memengaruhi batas iklan salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi iklan PPC teks 1) Perluasan lokasi Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan bisnis lokal

(www.google.com/local) perlu dihubungkan

2) Sitelinks iklan Sitelinks iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk link teks standar dibatasi hingga 35 karakter Dengan sitelinks ikdan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan

Bisnis Online/Kelas XII



a) Ekstensi telepon Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon loka

garis bawah alan yang taks standar 4) Ekstensi produk Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center d menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan b tersedia Hal ini sangat berguna bagi pengiklan e-Commerce.)

5) Penjual ratings ekstensi Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan un meninjau web untuk menampilkan peringkat dan informasi bersama-sama dengan al teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik

Penawaran dan peringkat Seorang pengidan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukka untuk alan Tawaran ini disebut CPC (Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks. Setiap ka permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencan menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi lokasi dan kata kunc Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada Jelang Vickrey, Lelang Vickrey adalah suatu jenis lelang dimana para penawar tidak saling mengetahui berapa besar jumlah yang ditawarkan

Dalam lelang GSP setiap pengiklan akan membayar tawaran dan pengiklan di bawahnya ditambah kenaikan standar (biasanya 50,01, jika kurs Rupiah terhadap delar adalah Rp10.000 maka kurang lebih Rp100), untuk setiap klik pada klan Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton Budi dan Siska, mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp25.000, Rp30.000 dan Rp23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga minimum Rp20 500, pada kata kunci yang sama

Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat dalam Google

AdWords, ini dikenal sebagai angka mutu (quality score (QS)). Angka Mutu diterapkan pada

kata kunci grup dan dan tingkat akun Sehingga untuk menjaga skor seluruh account yang

dimiliki berkualitas baik karena memengaruhi peringkat dan biaya per klik Skor kualita

peringkat ditentukan oleh faktor-faktor antara lain

11 Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian 2) Relevansi salin kan tersebut ke istilah pencarian

3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.

4) Track Record CTR (click through ratos) iklan tersebut. Nilai skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.

1) Bagus (8, 9, 10) Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan. 2) OK (5 6.7) Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan keuntungan dari Q5 tingg 3) Buruk (1, 2, 3, 4) Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan. 1. Konversi dan harga Ask-tayang

Mesin pencari dalam menentukan iklan mana yang akan tampil melihat faktor-faktor la seperti relevansi tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantor tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan Mesin pencari memastikan bahw pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan Jika tidak ada iklan yang di berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik pert yang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal

Anda mungkin berpikir, lebih banyak klik lebih baik, tetapi hal itu belum tentu demi Berada di posisi teratas berarti Anda akan membayar lebih banyak per klik. Banyak klik pas harga yang lebih tinggi dapat menguras anggaran. Selain itu, banyak orang mengklik pencarian yang terletak di bagian teratas tanpa membaca teks tersebut iklan atau tidak C sebuah iklan adalah clicks/impression.

Bisnis dan Manajemen/C3-Bisnis Daring dan Pemasaran

10



san

nan

pa

ang

an

in

Tingkat konversi dan sebuah dan adalah konverdik. Baya per tindakan (atau biaya per setiap konvens) adalah total biaya kampanye jumlah konversi Biaya rata-rata per klik adalah total biaya kampanye jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu mengetahui nita sebap konversi Anda perlu mengetahui hal ini sehingga Anda tidak membayar terlalu banyak untuk klik Anda. g Website tujuan

Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan Halaman yang pengguna internet tuju dengan mengklik sebuah iklan disebut balaman arahan Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Karena buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari "Canon EOS 450D" Pengiklan yang kurang baik akan menginmkan konsumen ke www.canon.co.uk Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarahkan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL www.canon.co.uk/For Home/Product Finder/Cameras/Digital SLR/EOS 450D/index asp

Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat me- ningkatkan angka mutu dan iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website web yang kaya kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO (Search Engine Optimization), Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada akan banyak halaman arahan yang akan dibangun atau membuat halaman arahan yang dinamis Cobalah selalu berpikir layaknya konsumen, kira-kira apa yang mereka harapkan ketika mengklik iklan? Ketika menjual produk maka halaman arahannya harus ke detail produk yang di dalamnya terdapat langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh konsumen seperti tambahkan ke dalam keranjang belanja, mendaftar newsletter. h. Pelacakan

Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses mengklik iklan yang ditayangkan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dan website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www. wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website web yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.

Tugas Mandiri

Amati gambar samping!

ter

G

kasi

rena

PPC.

akan

tahu

ang,

atau

klan,

rawar



Monylapkan Pembuatan Iklan PPC

Dalam prosedur pembuatan iklan dengan sistem PPC perlu disiapkan dengan baik, u mengasipas segala kemungkinan yang mungkin muncul Beberapa hal perlu diperhatikan den persiapan sebagai berikut Perencanaan

Agar kampanye Anda sukses, Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bany produk yang akan ditawarkan, tujuan/target demograt pelanggan, pesaing, dan cara berie atau ukuti acuan SWTH (what, whet, where, who, why dan how) misalkan 1) Apa yang akan Anda jual

2) Merok apa yang harus Anda gunakan 3) Apa yang dilak

pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka beriklan 4) Bagaimana konsur engetahui dan mencan tahu akan produk yang kita tawarkan

5) Apakah tujuan akan produk? melalui pendaftaran newsletter?. buat? Menjual produk lebih banyak? Mendidik aran akan merek? membangun database konsumen

b. Anggaran

Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujua Anda (biaya per action) Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC ata berpromosi Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggarandalan Kampanye PPC pada alamat http://www.ppcbudget.com/ppo-micalculator Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar anggaran Anda dapat dihamat sa

beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu

1) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas Selama posisi iklan Anda berada di antara nomor 2 dan 4 maka iktan Anda akan teta ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar 2) Pengaturan waktu

Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepa puía Contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturiah iklan Anda tampla untuk jam makan siang.

3) Pengaturan lokas Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dan Bandung, aturlah untuk daeran Bandung sebagai batasannya 4) Kata kunci

Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsuman cenderung gunakan ketika

mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu a) Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukkan kata kunc b) Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membel

produk dan Anda (misalkan seperti gratis) c) Manfaatkan tool untuk analisis kata kunci: Ada sejumlah alat yang akan membant Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci dan menentukan volume kata kunc Ada yang gratis dan yang berbayar Semua alat-alat ini harus digunakan sebaga pedoman saja misalnya www.kayworddiscovery.com dan http://www.sofu.com Mamilih platform PPC

Ada beberapa bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahool memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel Namun, hal ini adalah subyektif, sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada anjurlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform datam kebijakan editorial dan masing-masing antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi Google AdWords Aga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia meskipun penargetan geografia ada yang ditawarkan oleh Microsoft AdCenter Facebook Linkedin dan Youtube. Setelan Anda terta platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen

12

Blanis dan Manajemen/C3-Bianis Daring dan Pemasaran

Ker

3

Jaw

d


Melakukan pengan, pelacakan pengukuran lan iklan yang Anda buat harus diuji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan dan Anda mulai tayang, iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui angkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual

Tugas Kelompok

Kerjakan tugas berikut! 1. Menggunakan mesin pencari, canlah 2 web penyedia analis kata kunce

2. Pilihlah 3 buah kata kunci yang berbeda untuk diuji cobal 3. Amatilah hasilnya, bandingkan hasil dari kedua web penyedial

Latihan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1

Apa yang dimaksud pay per click dalam bahasa Indonesia?

Jawab

2 Sebutkan contoh cara berikan baya per klik yang digunakan oleh mesin pencant Jawab

3 Tuliskan tujuan pay per click!

Jawab

4 Terangkan manfaat menggunakan Google AdWords!

Jawab

5 Tuliskan keuntungan dan PPC||| Jawab

B. Google AdWords

Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, dengan mesin pencari Google Andis dapat mencan informaal apa saja yang Anda butuhkan dan menampilkan list hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan sesuai kata kunci pencanan. Salah satu media penktanan yang disediakan oleh Google adalah AdWords Dengan AdWords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimam), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang mengklik iklan yang ditawarkan, Misalnya Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ka sana menelusun Google untuk mencan roti khas Bandung, maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.

1. Keuntungan Beriklan dengan Google AdWords

Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu

a Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusun apa yang Anda tawarkan 1) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk

dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan. 2) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website web tertentu dan area geografis

(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW) 3) AdWords menjangkau 80% pengguna internet di AS. Itu merupakan pangsa pasar yang besar

Bisnis Online Kelas XII

13

Jan

en

ng

an

am

da

at

pil

an



b Kontrol anggaran

1) Dengan penawaran biaya per kik, Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengi ikan, bukan saat iklan ditampilkan 2) Anda memutuskan jumlah banyak atau sedikit yang ingin dibelanjakan setiap bulann

dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah tu 3) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum Lihat dengan cermat apa yang berfunga pada dan Anda dan kembangkan baru yang

1) Lihat laporan mengenai kinerja dan Anda lihat berapa banyak pelanggan terhubung ke bisnis Anda dan iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya 2) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda serta meningkat jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda

3) Mudah untuk memulai mudah juga untuk menyeda atau berhenti, tanpa ikatan. 2. Cara Kerja AdWords Untuk memahami cara kerja AdWords, ada beberapa elemen dasar yang harus dipahami yaitu

a Kata kunci Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik (misalnya, penginman bunga segar bukan hanya "bunga biasanya Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling bermina

ikian Anda semakin melesat

Network

dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda dan membantu investas b Memilih kata kunci untuk kampanye "Display Network" Berikut ini tiga hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye Display

1) Buat grup ikan

Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye Display Network pastikan bahw

grup dan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan. Lalu Anda dapat membuat ikan yang berkaitan dengan kata kunci tersebu yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan saat mereka berada di website web yare terkat dengan produk atau layanan Anda Anda dapat membuat akun Anda tertata dengar lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menunit produk atau layanan Anda.

kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci ber kualitas tinggi yaitu Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda

b) Buat kelompok yang terdin atas lima sampal 20 kata kunci yang terkait erat satu sam lain dan dengan ikan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kat (frasa) cenderung berfungsi paling efektif Ph kata kunci yang terkait satu sama lam. Misalnya jika Anda menjual bunga, And mungkin ingin menambatikan 'mawar dan cokelat ke dalam daftar kata kunci Anda

Dengan demikian kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yard mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat d) Pith kata kunci yang terkait dengan website web yang dilihat pelanggan Anda.

e) Jika Anda memiliki merek yang kuat dan dikenal dengan baik sertakan kata kunc bermerek 3. Tempat Iklan dapat Muncul

Saat Anda benkian dengan AdWords, Alan dapat muncul di berbagai tempat di seluruh web ber gantung pada cars Anda menargetkan iklan kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yan dibuat Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan cobalah untuk berpikir sepera pelanggan Ap yang meraka suka? Apa kebiasaan mereka? Di mana lokani mereka? Apa yang harus Anda keta tentang mereka sehingga Anda mampu menjangkau pelanggan dengan dan Anda secara optimal?

Bisnis dan Manajemen C3 Bisnis Daring dan Pemasaran

2)



Penempatan dan di website web non-penelusuran Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di

website lain di seluruh internet, misalnya, properti milik Google seperti YouTube dan website mitra Google seperti NYTimes.com atau Families.com. Hal tersebut diistilahkan sebagai penem- patan Sebuah penempatan dapat berisi ke seluruhan web site atau hanya sebagian dari suatu web site atau disebut dengan Jaringan Display Google dapat menentukan tempat munculnya ildan Anda secara otomatis dengan mencocokkan kata kunci Anda dengan website di Jaringan Display. Jika Anda ingin kontrol yang lebih besar terhadap tempat munculnya iklan Anda, Anda dapat memilih sendiri penempatan tertentu. Anda dapat menetapkan tawaran masing-masing dan memilih website tempat munculnya iklan Anda b. Menampilkan iklan di Google penelusuran dan website penelusurah lainnya

Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin diklankan. Lalu, saat orang- orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, di bawah atau di atas hasil penelusuran. Misalkan 1) Di website penelusuran Google

Iklan Anda dapat muncul di Google Penelusuran, Google Belanja, Google Maps, Google Gambar, dan Google Grup saat seseorang menelusuri kata kunci Anda Berkut contoh untuk kata kunci "jual komputer

Go gle

Hasl penolituran kata kunci jual komputer

2) Di website penelusuran lain yang merupakan bagian dan Jaringan Penelusuran

Apabila seseorang mene- usurdiwebsite penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, se perti AOL dan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman penelusuran yang relevan lainnya 3) Di penelusuran seluler.

Iklan Anda dapat tampi di http://m.google.com. versi seluler Google Penelusuran, Berikut ini contoh iklan di pane- Jusuran seluler

Man AdWords diversi seluler Google perse

Bisnis Online/Kelas XI

15


4) Menampilkan iklan di website web yang dikunjungi pelanggan Anda Anda juga dapat memilih untuk menampilkan iklan kepada orang-orang saat merek

menjelajahi web. Iklan teks gambar, dan video dapat muncul di Google Display Network Display Network merupakan kumpulan website web mitra dan website web Google torters termasuk Gmail, Blogger, dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini jug meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (ini disebut mitra tampla seluler) Berikut contoh iklan di website Display Network Anda dapat melihat bagaimana iklan ditargetkan ke konten

iklan dapat muncul di website web atau penempatan tertentu yang Anda pilih. Misalnya, bila bisnis Anda menjual kue pernikahan, Anda dapat memilih untuk menampilkan iklan di website perencanaan pernikahan yang populer. Iklan dapat muncul di website web berdasarkan pada metode penargetan yang Anda pilih, seperti kata kunci, penempatan, pemirsa, dan topik

5) Menampilkan iklan di perangkat mobile dan perangkat seluler Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang saat mereka menelusuri atau mengunjungi website web saat dalam perjalanan

a) Iklan teks dapat muncul saat orang-orang menelusuri Google dari perangkat seluler dan tablet meroka b) Iklan teks, gambar, dan video dapat muncul di website web Google Display Network

saat orang-orang mengunjungi website tersebut dari perangkat seluler kelas atas seperti iPhone perangkat Android, atau tablet. c) Iklan juga dapat muncul di aplikasi selular, yang dianggap sebagai bagian dan Display Network Google

6) Menampilkan dan kepada orang-orang di lokasi yang dipilih atau yang berbicara dengan

bahasa tertentu

Bila Anda memiliki iklan teks, Anda dapat memilih menampilkannya kepada pelanggand seluruh negara, lokasi geografis tertentu, dan bahkan kepada pelanggan yang menggunakan nama lokasi dalam penelusuran mereka. Bila Anda memiliki toko es krim lokal yang keck Anda mungkin ingin menampilkan iklan dan penawaran khusus untuk orang di kota sekita saja. Anda dapat melakukan hal ini dengan hanya menargetkan kota yang dipilih. Untuk menjangkau calon pelanggan dengan lebih baik. Anda juga dapat menargetkan kampanye pada bahasa yang mereka gunakan. Dan bila pelanggan berbicara dalam beberapa bahasa Anda dapat membuat kampanye yang terpisah untuk mengelola (klan dan kata kunci untuk tiap bahasa tersebut

7) Menampilkan dan Anda kepada pemirsa tertentu Dengan AdWords. Anda juga dapat menampilkan iklan teks, gambar, dan video

website web Display Network untuk sekelompok orang tertentu a) Orang yang tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan Anda dapi menjangkau mereka dengan menambahkan kategori minat yang relevan

kampanye Anda b) Orang-orang yang menurut Google terkait dengan kategori demografis tertentu And dapat menjangkau mereka dengan menargetkan iklan Anda menurut usia dan jeni

kelamin

18 Bisnis dan Manajemen/C3-Bisnis Daring dan Pemasaran

K


c) Orang yang sebelumnya telah mengunjungi website Anda Anda dapat menjangkau mereka dengan membuat kampanye pemasaran ulang

Contoh

(1) Bila bisnis Anda menjual kostum Halloween Anda dapat menambahkan kategori minat Hobi & Kesenangah pada kampanye Anda, dan Google dapat menampilkan iklan dengan gambar orang berkostum yang melakukan trick-or-treat, untuk orang yang Google anggap berminat dalam kategori tersebut. (2) Jika bisnis Anda menjual pakaian untuk wanita muda. Anda dapat menggunakan penargetan demografis untuk menampilkan iklan tentang produk Anda hanya

kepada wanita

(3) Katakanlah Anda memiliki bisnis online yang menjual peralatan olahraga. Dengan

menggunakan pemasaran ulang, Anda dapat menampilkan iklan tentang peralatan

ski kepada orang-orang yang sebelumnya telah melihat bagian ski di website Anda,

saat mereka mengunjungi website lain di web, Anda bahkan dapat menampilkan

penawaran khusus hanya untuk mereka.

Peringkat Iklan

4. Peringkat iklan adalah cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka lampe pada website yang sama Peringkat iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta angka mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda) Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk peringkat iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu. Iklan beredar melalui laman hasil penelusuran berdasarkan peringkat iklan Iklan dengan peringkat iklan tertinggi muncul pada posisi layak pertama di laman hasil penelusuran. Ikian dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya sepanjang laman. Saat pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya dua aturan benkut biasanya berlaku untuk menentukan lokasi iklan layak tampil a. Penempatan teratas (bagian atas laman)

Semua iklan berperingkat tinggi berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaul ambang tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga lidan dapat tampil di posisi teratas setiap laman b Penempatan lain" (bagian samping atau bawah laman)

Bagian samping atau bawah laman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah

muncul pada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau

bawah. Misalnya, jika iklan muncul di sisi laman 1, iklan biasanya tidak akan muncul di sisi

laman 2 atau berikutnya.

Tugas Mandiri

Kerjakan tugas berikut!

ka Anda mencari informasi menggunakan mesin pencan dengan kata kunci bunga mawar dan dikenal aturan pencarian seperti luas, frase, sama persis dan negatif. Hasil pencarian yang akan tampil adalah halaman yang memiliki kata kunci yang seperti apa? Tulis hasilnya dan ungkapkan dalam pembelajaran

5. Penawaran dan Angka Mutu

Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas laman Anda, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di laman tersebut dan beberapa faktor lainnya.

Bisnis Online/Kelas XII

17

tu

an

na


Untuk dan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan pen aya per serbu tayangan (BPS) Angka Mu Anda didasarkan pada kualitas laman Anda sumtals variasi, tetapi tema umumnya tetap sama

a Cara menghitung Angka Muti Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu klan Anda. Google mengh Angka Mutu Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagar ha terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut. Anda dapat membe

meningkatkan Angka Mutu Anda

1) Rasio ka-layang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda

RKT yang diharapkan didasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci terse tau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada ikan Anda 2) RKT URL tayangan Anda sebelumnya Seberapa sering Anda menerima kik dengan URL tayangan

3) Riwayat akun Anda RKT keseluruhan dari semua klan dan kata kunci di akun Anda 4) Mutu laman Anda

Seberapa laman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi 5) Kata kunci/relevansi iklan Anda

Seberapa relevan kata kunci dengan ikan Anda

6) Kata kunci/relevansi penelusuran

Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan

7) Kinerja geografis Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan

8) Kinerja iklan Anda di suatu website

Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargea

Display Network) 9) Perangkat yang ditargetkan

Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat seperti desktop/la

perangkat seluler, dan tablet. Anda mendapatkan Angka Mutu yang berbeda untuk mas

masing jenis perangkat

b. Cara Angka Mutu memengaruhi Anda Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat memengaruhi hal-hal berikut di akun Anda

1) Kelayakan lelang iklan Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci unt

memasuki lelang iklan

2) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda

Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu be

Anda membayar lebih sedikit untuk setiap kik bila kata kunci Anda memiliki Angka Male yang lebih tinggi

3) Taksiran tawaran laman pertama kata kunci Anda Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran laman pertama yang lebih rendah. Hal itu berarti Alan Anda semakin mudah untuk tampil di laman pertama ha

penelusuran bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.

4) Taksiran tawaran laman bagian atas kata kunci Anda Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran laman bagian atas ya lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian ala laman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi

5) Posisi iklan

Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih tinggi tho dan Anda dapat tampil lebih tinggi di laman bila kata kunci Anda meniu Angka Mu lebih tinggi

Bisnis dan Manajemen/C3-Bisnis Daring dan Pemasaran

18


6) Kelayakan untuk eksterisi iklan dan format iklan lainnya Beberapa format iklan membutuhkan Angka Muhu minimum untuk tampil Selain itu,

Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi dan dan format Alan lainnya, seperti tautan website Karena Peringkat dan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan lan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya. Cara pembayaran AdWords

Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya 1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan Cara kerjanya, Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan Anda akan ditagih dalam satu dan dua skenario 30 hari setelah pembayaran terakhir Anda atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan). 2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan

Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan dipotong dan pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memben tahu Anda melalui e-mail (ika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis dan Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda hau.

3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu kredit Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk me- nambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer kawat. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur bulanan.

Cara biaya dihitung di AdWords

AdWords memben Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang

harus Anda belanjakan Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana

Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google, AdWords

menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di laman hasil penelusuran, serta

peringkatnya di laman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu

memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar Misalnya, frekuensi

iklan Anda ditayangkan, setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik, setiap kali orang-orang

melakukan tindakan tertentu di website web.

e Alat pembayaran Anda dapat membayar dengan kartu kredit atau debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda

Kapan Anda ditagih

Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir Anda atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan, mana saja yang lebih dulu. Ambang penagihan awal Anda ditetapkan sebesar Rp500.000. Setiap kali akun Anda

mencapai ambang sebelum siklus penagihan 30 hari berakhir, ambang Anda dinaikkan, hingga mencapai ambang tertinggi sebesar Rp5.000.000. Ambang penagihan yang dapat dicapai akun Anda setelah mencapai ambang awal sebesar Rp500.000 adalah Rp2.000.000, Rp3.000.000, dan Rp5.000.000. Misalnya, katakanlah Anda baru saja memulai akun AdWords Anda, dan Anda dikenakan biaya Rp490.000 dalam waktu 30 hari. Anda akan ditagih setelah 30 hari, dan ambang Anda akan tetap pada Rp500.000 di siklus penagihan selanjutnya. Namun, jika Anda dikenakan biaya Rp500.000 dalam siklus penagihan 30 hari:

1) Anda akan ditagih secepatnya 2) Ambang Anda akan meningkat menjadi Rp2.000.000 3) Siklus penagihan 30 han yang baru akan dimulai

Bisnis Online/Kelas XII

19



Alab dan persen

Coba berbagai teks alan berbeda untuk melihat dan seperti apa yangmendatangkan pelanggan paling banyak dan pelagan cara meningkatkan pertina tan Bir seperti eksteri dan Jika Anda mengatans masalah dengan Anda, can tahu cara mengetahui apakan adan begalan dan cara mengatas masalah pet dan AdWords melewat proses persetujuan untuk memast nggunaka torocbut ama

dan sesus bagi pengguna Google meninjau setup iklan untuk melat

adon

kebijakan penkianan Google Ja Google menemukan masalan Google akan esh larut tentang kebijakannya dan apa yang dapat Anda lakukan agar al Andal tahu And Cara mengirim alan untuk ditinjau ke pada Google prosesnya otomatis kapan pun Anda membuat dan baru atau mengubah yang ada iklan akan dikom kepada Google secar otomatis untuk ditinjau Setelah Anda menyimpan iklan dan biasanya akan muncul dengan status dalam peninjauan atau layak

Meskipun iklan berstatus layak dizinkan berjalan di laman tertentu sebelum disetu dan berstatus "dalam peninjauan tidak dapat berjalan di mana saja sampai iklan ditinjau da disetuja karena iklan harus diperiksa lebih dekat untuk memastikan kepatuhannya terhadap Kebijakan Google Jika website web Anda ditangguhkan karena bermasalah dengan kebijakan Anda dapat memperbaiki masalah tersebut kemudian mengirim ulang website Anda untu dinjau kembali Lama peninjauan berlangsung sebagian besar atan dalam waktu hari kerja Beberapa peninjauan mungkin butuh waktu lebih lama karena beberapa iklan harus menjalan peninjauan yang lebih numit Google akan memberkan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk iklan Anda selama dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah atan mematuhi kebijakan periklanan atau tidak

Untuk memperbaiki masalah masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara. Langkah Can tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informas lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah. Langkah 2 Buat perubahan pada website web Anda Langkah 3 Kirimkan kembal website Anda kepada Google Menggunakan AdWords

Untuk benkian dengan Google AdWords, Anda perlu memiliki website web sendiri untuk promosi dan online Anda akan ditautkan ke website ini dan Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk memberi tahu lebih banyak tentang bisnis Anda kepada pelanggan. Jika belum mem website web, Anda dapat membuatnya secara gratis menggunakan Google Sites Jika Anda tidak menginginkan website web opal alternatifnya adalah membuat taman Google Business Places Laman ini dapat dibuat dalam waktu 5 menit dan memberikan informasi kontak jam operasi, dan lainnya kepada pelanggan

a Membuat website dengan Google Sites Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website web

semudah mengedit dokumen Anda dapat mengubah website sesuai keinginan, dan bahkan

mengunggah gambar yang terkait dengan bisnis atau layanan Anda Lalu, Anda dapat meng gunakan URL website web itu dalam iklan AdWords sehingga calon pelanggan diarahkan ke website tersebut saat mengklik iklan Anda Berkut ini cara membuat website baru 1) Kunjungi www.google.com/sites.

2) Masuk dengan akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dian

ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google. 3) Kik tombol Buat website baru untuk memulai 4) Namai website web Anda. 5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional)

6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website in sehingga siapa pun dapat melihat website Anda 7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya 8) Klik Buat website

20

Bisnis dan Manajemen/C3-Bisnis Daring dan Pemasaran


Memulai penggunaan AdWorda

Berikut ini cara memulai program pariklanan online Google dalam tiga langkah dasar

1)

Membuat akun

Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi AdWords di https://adwords.google.com, Proses ini sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google lainnya atau Anda baru menggunakan Google.

beranda

a) Jika Anda sudah menggunakan produk Google lainnya Jika Anda sudah memiliki Akun Google Anda dapat menggunakan alamat email dan sandi akun tersebut untuk masuk. Misalnya, gunakan satu Akun Google untuk produk yang Anda gunakan khusus untuk bisnis, seperti AdWords dan Google Belanja Anda dapat menautkan kartu kredit bisnis dan informasi kontak profesional Anda ke Akun Google ini Gunakan Akun Google pribadi untuk produk yang Anda nikmati untuk penggunaan pribadi, seperti Blogger dan Google Grup, Anda dapat menautkan kartu kredit pribadi dan informasi kontak pribadi Anda ke Akun Google ini. Setelah Anda memutuskan Akun Google mana yang akan digunakan untuk AdWords

(1) Kunjungi berAnda AdWords di https //adwords google.com

(2) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat e-mail Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.

(3) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini

(4) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun Tagihan Anda akan meng-

gunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini. (5) Klik Lanjutkan mendaftar

(6) Cari e-mail verifikasi di alamat e-mail yang baru saja Anda gunakan untuk ke AdWords

(7) Klik tautan verifikasi di e-mail untuk mengaktifkan akun Anda.

b) Jika Anda belum menggunakan produk Google lainnya

Anda hanya membutuhkan alamat e-mail yang aktif untuk memulai (1) Kunjungi website AdWords di https://adwords.google.com (2) Klik Mulai sekarang

(3) Pada laman Buat Akun Google, pilih tombol di samping Saya tidak menggunakan layanan lainnya tersebut. (4) Masukkan alamat e-mail yang aktif beserta sandinya. Sebaiknya Anda memilih

sandi yang rumit. Hal ini memberikan perlindungan yang lebih baik pada akun dari

pembajak

(5) Masukkan huruf terdistorsi pada kotak di bawah informasi sandi.

(6) Klik Buat Akun. (7) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kall setelah penyiapan ini.

(8) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan meng- gunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini. (9) Klik Lanjutkan

(10) Cari email verifikasi di alamat e-mail yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar

ke AdWords. (11) Klik tautan verifikasi di e-mail untuk mengaktifkan akun Anda

Bisnis Online/Kelas XII

21



2) Membuat iklan pertama

Setelah Anda membuat akun dan mengonfirmasikan email, Google akan mengarahkan Anda langsung ke laman tempat Anda dapat menyatukan iklan pertama. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi kreatif. Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran membuat iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai kata kunci) yang dapat membuat iklan tampil di samping konten yang paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran Google atau di website web mitra Google).

a) Memilih tempat iklan dapat tampil

b) Memutuskan anggaran

c) Menulis iklan singkat

d) Memilih kata kunci yang dapat membantu iklan tampil dalam penelusuran Untuk membuat iklan teks, ikuti langkah-langkah ini

a) Di bagian Buat iklan, pilih iklan teks

b) Ketik judul, deskripsi, URL tayangan, dan URL tujuan, URL tayangan adalah alamat web, biasanya laman beranda website web Anda, yang ditampilkan kepada pelanggan bersama iklan Anda sementara URL tujuan mengarahkan pelanggan ke laman tertentu di website web Anda. Kedua URL tersebut harus berisi nama domain yang sama. Misalnya, iklan dengan www.google.com sebagai URL tayangan dan www.google.com/ads sebagai URL tujuan dapat diterima karena kedua URL itu memakai nama domain yang sama, "google.com

c) Masukkan kata kunci Anda di bagian "Kata kunci: Sebaiknya Anda mulal dengan 10-20 kata kunci. Anda dapat selalu mengedit atau menambahkan lebih banyak kata kunci nanti. d) Klik Simpan. Jika ini adalah kampanye pertama Anda, klik Simpan dan lanjutkan ke penagihan. Iklan Anda tidak dapat dijalankan jika Anda belum mengirimkan informasi penagihan

3) Mengaktifkan akun. Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun Anda telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja.

Tugas Kelompok.

Diskusikanlah dengan teman sekelompok Anda! 1. Buatlah kelompok dengan anggota 3-5 orang.

2. Lakukanlah pendaftaran untuk akun Google AdWords, BingAds (http://advertise.bingads.microsoft

com) dan Facebook

Komentar